Thursday, September 8, 2022

DIKLAT PEMBUATAN JURNAL

 Penelitian Tindakan Kelas (PTK Guru) adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
    Pembuatan PTK membutuhkan waktu yang lama karena harus mengimplementasikan tindakan dan variabel yang telah dirancang untuk mencapai hasil yang diinginkan. Artinya, penelitian semacam ini tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu 1-2 hari. Hasil yang diperoleh melalui PTK ini dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).


Apa itu jurnal mungkin sudah tidak jarang terdengar, terutama bagi kita yang sedang melaksanakan studi di perguruan tinggi. Pasalnya, istilah jurnal memang akrab digunakan dalam bidang akademik.
    Jurnal secara sederhana bisa dipahami sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Jurnal ditulis dengan orientasi akademik. Jadi, target pembacanya adalah akademisi, peneliti, mahasiswa dan lain sebagainnya.
    Menjadikan PTK ke sebuah jurnal butuh trik-trik untuk membuat lebih sederhana dan tidak rumit. Diklat IGI Daerah Kota Surabaya kali ini akan membantu para guru-guru untuk membuat jurnal dari PTK yang telah dilakukan, sehingga mempunyai keuntungan lebih dari PTK dan untuk SKP tentunya.

Materi :

  1. Pemahaman Tentang PTK
  2. Pemahaman Tentang Jurnal
  3. Penulisan Abstrak
  4. Penulisan Pendahuluan
  5. Penulisan Metode
  6. Penulisan Hasil
  7. Penulisan Pembahasan
  8. Penulisan Kesimpulan
  9. Penulisan Referensi
  10. Penulisan Jurnal Lengkap






Contoh Laporan PKB,

Undangan & Sertifikat klik Download

No comments:

Post a Comment