Thursday, November 4, 2021

MENULIS ITU MUDAH

Siapa bilang menulis buku itu sulit. menulis itu mudah, semudah kita menulis update status. Waktu itu, salah satu pembicara menyodorkan sebuah gambar jeruk. Ia menyuruh peserta untuk menuliskan apa yang peserta pikirkan, rasakan dan interpretasikan dari gambar jeruk di layar monitor. Semua peserta fokus dengan kertasnya masing-masing.

Tibalah presentasi hasil deskripsi jeruk dilayar. Apa yang ditulis peserta pun hanya simpel, sesuai apa yang peserta tangkap. Ada yang menuliskan khasiat buah jeruk, ada yang menuliskan kecantikan warna jeruk yang kuning, ada juga menuliskan rasa jeruk. Ada yang menuliskan rasa jeruk itu asam, ada juga yang menuliskan rasa jeruk itu manis dan segar.

Dari pengalaman di atas. Menyimpulkan bahwa menulis itu semudah kita mendeskripsikan apa yang kita lihat, apa yang kita rasakan. Menulis itu tidak selalu muluk-muluk, dan tidak selalu rumit. Menulis itu, sesederhana yang kita lihat. Menariknya, objek yang diperlihatkan hanya satu, namun sudut pandang penulisannya bisa berbeda dari penulis satu dengan penulis lain.


Diklat yang diikuti semua guru SMP Negeri 25 Kota Surabaya ini diharapkan akan menghasilkan buku-buku karya dari peserta dan menjadi sekolah dengan semua guru adalah penulis.

Materi Diklat :












Surat-surat yang diperlukan (Klik untuk Download) :

Contoh Laporan PKB, 

Untuk Surat Undangan & Sertifikat Klik Disini


1 comment: