Thursday, November 4, 2021

MENULIS ITU MUDAH

Siapa bilang menulis buku itu sulit. menulis itu mudah, semudah kita menulis update status. Waktu itu, salah satu pembicara menyodorkan sebuah gambar jeruk. Ia menyuruh peserta untuk menuliskan apa yang peserta pikirkan, rasakan dan interpretasikan dari gambar jeruk di layar monitor. Semua peserta fokus dengan kertasnya masing-masing.

Tibalah presentasi hasil deskripsi jeruk dilayar. Apa yang ditulis peserta pun hanya simpel, sesuai apa yang peserta tangkap. Ada yang menuliskan khasiat buah jeruk, ada yang menuliskan kecantikan warna jeruk yang kuning, ada juga menuliskan rasa jeruk. Ada yang menuliskan rasa jeruk itu asam, ada juga yang menuliskan rasa jeruk itu manis dan segar.

Dari pengalaman di atas. Menyimpulkan bahwa menulis itu semudah kita mendeskripsikan apa yang kita lihat, apa yang kita rasakan. Menulis itu tidak selalu muluk-muluk, dan tidak selalu rumit. Menulis itu, sesederhana yang kita lihat. Menariknya, objek yang diperlihatkan hanya satu, namun sudut pandang penulisannya bisa berbeda dari penulis satu dengan penulis lain.


Diklat yang diikuti semua guru SMP Negeri 25 Kota Surabaya ini diharapkan akan menghasilkan buku-buku karya dari peserta dan menjadi sekolah dengan semua guru adalah penulis.

Materi Diklat :












Surat-surat yang diperlukan (Klik untuk Download) :

Contoh Laporan PKB, 

Untuk Surat Undangan & Sertifikat Klik Disini


2 comments:

  1. Terima kasih kepada P Ahmad Faizin atas ilmunya ...

    ReplyDelete
  2. The samsung door lock fingerprint electrical discharge machining or spark erosion course of has become widely used in mould making. As nicely as permitting the formation of shapes which are be} difficult to machine, the process allows pre-hardened moulds to be formed in order that no heat remedy is required. Changes to a hardened mould by typical drilling and milling normally require annealing to melt the mould, adopted by heat remedy to harden it again. EDM is a simple course of during which a formed electrode, usually made of copper or graphite, could be very slowly lowered onto the mould surface over a interval of many hours, which is immersed in paraffin oil . A voltage applied between device and mold causes spark erosion of the mould surface in the inverse form of the electrode.

    ReplyDelete