Friday, September 29, 2023

PENGUATAN P5 DI SMPN 22 SURABAYA

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Proyek ini dilakukan untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Juga sebagai upaya mewujudkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.


Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, pelajar diberi kesempatan untuk 'mengalami pengetahuan'. Sebagaimana ditegaskan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa anak-anak mesti didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tapi bisa mengalaminya sendiri.

Diklat In House di SMP Negeri 22 Surabaya, berlangsung secara In House Training dan On the Job Training, dimana IN dilaksanakan tanggal 22 & 29 September 2023 di dua tempat, tempat pertama di Hotel Primbiz Hotel dan ke 2 di SMP Negeri 22 Surabaya. ON dilaksanakan oleh peserta mulai 22 sampai 28 September 2023.

Materi yang dijabarkan adalah :

  1. Mengidentifikasi Kesiapan Sekolah
  2. Menentukan Dimensi dan Tema Projek
  3. Merancang Alokasi Tema Projek
  4. Menyusun Modul Projek
  5. Menentukan Tujuan Pembelajaran
  6. Mengembangkan Topik, Aktifitas, dan Asesmen
  7. Asesmen P5


Surat Ijin/Undangan Diklat bisa diunduh di Undangan

Sertitikat Diklat bisa diunduh di Sertifikat


No comments:

Post a Comment