Wednesday, December 4, 2019

DIKLAT PAUD : MEDIA BERBASIS IT

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak” Pidato Mendikbud RI HGN 2019

Saturday, November 16, 2019

PENILAIAN DIGITAL INTERAKTIF

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru khususnya Guru Pendidikan Agama Islam, IGI Kota Surabaya bekerjasama dengan KKG PAI Kecamatan Rungkut Surabaya melaksanakan Diklat Penilaian Digital Interaktif, Solusi Kreatif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 
Kegiatan ini dilaksanakan dengan model IN ON. Model IN dilaksanakan  pada hari Jumat, 15 november 2019 sd Sabtu, 16 November 2019. Dan kegiatan ON direncanakan pada tanggal 17 sd 21 November 2019. 

Tuesday, November 12, 2019

SOAL ONLINE SMPN 44 SURABAYA

Kegiatan Diklat yang dilakukan di sekolah, kerjasama dengan IGI Kota Surabaya, belangsung disela-sela pembelajaran, semangat terus belajar seakan menjadi bagian dari guru-guru Surabaya.

Sunday, November 10, 2019

SEMINAR PENDIDIKAN 2019

Seminar Nasional, yang diadakan di Area Pameran IBT (Indonesia Bagian Timur), dimana mengusung tema Pendidikan era 4.0, dan menitik beratkan IGI sebagai pelopor di Indonesia Bagian Timur.
Seminar Nasional ini adalah agenda IGI Kota Surabaya

Friday, October 18, 2019

DIKLAT ONLINE IGI KOTA SURABAYA

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dibidang pembelajaran dan profesional, maka IGI Kota Surabaya menyelenggarakan Diklat Online Gratis. 

MUDAH MEMBUAT MODUL

Modul salah satu bahan ajar ber inovasi teknologi dalam pengembangan diri . Salah satu pendekatan pembelajaran d abad 21 sebagai sumber belajar yg diimplementasikan melalui model pembelajaran.

Thursday, October 17, 2019

PTK LAPORAN DAN PENYUSUNAN

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu penelitian yang dilakukan pada lingkup pendidikan yang berorientasi pada penerapan tindakan. Hal ini mempunyai tujuan meningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya. Kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan penelitian yang sistematis.

Sunday, October 6, 2019

PLAY & LEARN CONCEPT


Kendala utama di era modernisasi dan globalisasi disaat pembelajaran harus menggunakan inovasi teknologi adalah kebijakan beberapa sekolah membatasi penggunaan HP bagi pelajar. Hal ini sering dijumpai di SD SMP dan beberapa SMA serta SMK. Lantas apakah sebagai guru kita akan tinggal diam? Tentu tidak. Guru yg baik adalah yg berupaya menciptakan pembelajaran menyenangkan bagi siswanya. Mencipta konsep dan inovasi pembelajaran yg seru akan memotivasi siswa buat terus belajar.
Suasana yang menyenangkan dan rileks sesungguhnya merupakan faktor penting dalam suatu kegiatan belajar. Proses pembelajaran dikatakan efektif bila pembelajar dalam keadaan gembira, nyaman dan rileks. Ayo kembangkan konsep bermain dan belajar untuk menciptakan pembelajaran yg menyenangkan.

Friday, October 4, 2019

RUMAH BELAJAR DI SEKOLAH

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Sunday, September 15, 2019

PEMBUATAN SOAL ONLINE

Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah  tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

MEDIA PEMBELAJARAN DAN ICT


Pelatihan yang di gelar di Sekolah, saat ini di SD Negeri Gubeng I/204 Surabaya, dimana pelatihan berisi pembuatan Media Pembelajaran berbasis IT. Pelatihan yang diikuti oleh beberapa

Friday, September 13, 2019

CBT FOR ELEMENTARY

Pelatihan ini melibatkan beberapa sekolah SD di kecamatan tegalsari dan beberapa guru dari kecamatan lain. Pelatihan yang bersifat permintaan dari sekolah dimana tak lepas dari kebijakan dari dinas kota, tentang

Sunday, September 8, 2019

SKENARIO PEMBELAJARAN INOVATIF


Mengapa guru harus kreatif dan Inovatif ? Ataukah kita akan tetap berkutat dengan pembelajaran yang konvensional ?

Mari kita instropeksi diri sebagai guru dalam menyampaikan proses pembelajaran selama ini, apakah hanya menyesuaikan kondisi yang ada di lingkungan sekolah, ataukah berani mengambil langkah

Sunday, August 18, 2019

FLYER DAN POSTER PADA PEMBELAJARAN

Flyer dan Poster, sering merupakan hal yang dianggap sulit oleh sebagian besar guru-guru. Padahal Flyer dan Poster bisa digunakan untuk media pembelajaran yang membuat siswa merasa senang dan pembelajaran menjadi hidup.

Monday, July 29, 2019

ANDROID EASY

Pelatihan ini Sangat cocok bagi Guru yangg Ingin menerapkan Pembelajaran STEM dari jenjang SD sampai SMA sederajat.
Karena semua sebagian besar anak didik kita sudah mengerti betul teetang penggunaan HP Android, sehingga aplikasi android lebih mudah diterima

Thursday, July 25, 2019

KOLABORASI DIGITAL ERA PENDIDIKAN 4.0

Pelatihan dengan padat Materi dilaksanakan dengan mode IN house traning dan ON the job training, dengan dipandu oleh nara sumber perserta dengan kelas kecil diharap bisa menyelesaikan semua kegiatan dengan baik.

Saturday, July 20, 2019

FLYER, POSTER, BOOKLET

Diklat kolaborasi 3 sekolah, SMP Negeri 5, 18, dan 44 Surabaya, dilaksanakan di ruang serbaguna SMP Negeri 5 Surabaya, Jl. Rajawali 57 Surabaya.
Pelaksanaan mode IN : 20 & 21 Juli 2019, ON : 22 – 25 Juli 2019, diikuti lebih dari 100 peserta yang merupakan Guru-guru pengajar 3 SMP tersebut.

Wednesday, July 10, 2019

PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN

Diklat tertutup yang dilaksanakan IGI dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Surabaya, membahas tentang pembuatan Modul bagi guru-guru SMKN 5 Surabaya.
Nara Sumber Founder Sagusamod (satu guru satu modul), yang juga merupakan guru SMK berprestasi di Jawa Timur.

Friday, June 28, 2019

PERANCANGAN & PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN

Dengan berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan media pendidikan, khususnya media video sudah merupakan tuntutan yang mendesak. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang kompleks. terdapat berbagai tujuan belajar yang sulit dicapai hanya dengan mengandalkan penjelasan guru.

Sunday, April 28, 2019

MENULIS ITU MUDAH


Menulis merupakan suatu aktivitas yang dianggap membosankan oleh sebagian orang. Tapi ketika kamu sudah terjun dalam dunia ini, kamu akan merasakan betapa asyiknya menuangkan ide dan pengalamanmu dalam tinta. Dengan menulis, kamu juga bisa memperkaya pengetahuanmu dan memberikan informasi kepada banyak orang.
Pelatihan dengan Materi :
1.       Teori Dasar Menulis
a.       Pengertian Menulis
b.       Unsur Menulis
c.       Tujuan Menulis
d.       Manfaat Menulis
2.       Jenis-jenis Tulisan
3.       Teknik Menulis Mudah
4.       Praktek Menulis Mudah (Cerpen)
5.       Editorial dan Penerbitan

Untuk melihat format Laporan klik Laporan
Untuk download undangan klik Undangan
Untuk melihat penerima sertifikat klik Sertifikat

ANTOLOGI KATINI

Menulis merupakan suatu aktivitas yang dianggap membosankan oleh sebagian orang. Tapi ketika kita sudah terjun dalam dunia ini, kita akan merasakan betapa asyiknya menuangkan ide dan pengalaman dalam tinta. Dengan menulis, kita juga bisa memperkaya pengetahuan dan memberikan informasi kepada banyak orang.

Friday, March 22, 2019

SAGUSSAMOD DAN BAHAN AJAR

Menurut S. Nasution (2003: 205) buku merupakan sumber belajar yang paling umum, dan modul merupakan salah satu bentuk buku pembelajaran. Dalam modul substansi yang lebih ditekankan adalah kemandirian siswa (belajar sendiri pada jangka tertentu). “Modul dapat dirumuskan sebagai unit yang lengkap dan berdiri sendiri dan terdiri atas suatu unit rangkaian kegiatan yang disusun membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas.” Sedangkan yang dimaksud

Friday, March 8, 2019

PTK - Dr. SUTOMO V

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu penelitian yang dilakukan pada lingkup pendidikan yang berorientasi pada penerapan tindakan. Hal ini mempunyai tujuan meningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya. Kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan penelitian yang sistematis.

ANIMASI UNTUK PENDIDIKAN

Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Friday, March 1, 2019

CREATIVE LESSON PLAN - PAUD

Lesson plan adalah perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum mengajar. Banyak sekali guru pada saat mengajar tidak membuat terlebih dahulu lesson plan.
Akan berbeda kualitas pembelajaran seorang guru yang diawali dengan pembuatan lesson plan dibandingkan dengan guru yang tidak melakukan persiapan lesson plan sebelum mengajar.
Keuntungan guru mengajar dengan menggunakan Lesson Plan :

EBOOK UNTUK KBM

Apa itu EBook ?

Ebook singkatan dari Electronic book adalah jenis buku elektronik yang berbentuk softcopy yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan handphone.

Tidak jauh beda dengan bentuk buku seperti biasanya, di dalam ebook juga berisi informasi berupa teks dan gambar. Bukan hanya itu saja, didalam buku elektronik juga terdapat video dan audio sebagai pelengkap untuk memahami informasi atau materi dengan mudah.

Friday, February 15, 2019

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkembang dari istilah penelitian tindakan (action research) (Sanjaya, hal. 24). Oleh karena itu, untuk memahami pengertian PTK perlu ditelusuri pengertian penelitian tindakan terlebih dahulu. Penelitian tindakan mulai berkembang di Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh mereka yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi & Suwandi, hal. 24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk terjun mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan.

Mereka langsung mempraktikkan tindakan yang telah direncanakan dan mengukur kelayakan tindakan yang diberikan tersebut. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka (Sanjaya, hal. 24). Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang lebih luas daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran, manajemen, dan industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian tindakan yang berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan sebuah kelas, maka penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK.

Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan (Basrowi & Suwandi, hal. 54).








Untuk melihat format Laporan klik Laporan
Untuk download undangan klik Undangan
Untuk melihat penerima sertifikat klik Sertifikat



Friday, February 1, 2019

SAGUSATAB & SAGUSOFT


Sabtu, 26 Januari 2019 bertempat di Hotel Arcadia depan House Of Sampoerna (HOS) jalan Rajawali 9 – 11 Surabaya, dilaksanakan Pendidikan Latihan (Diklat) oleh IGI Surabaya. Diklat  Sagusatab dan Sagusoft ini terselenggara merupakan Reward dari IGI Pusat dikarenakan dalam sistem sisfo IGI, kota Surabaya merupakan kota dengan jumlah anggota terbanyak dengan lebih dari 1.200 (Seribu dua ratus) anggota IGI. Dan merupakan jumlah anggota tertinggi dari seluruh Indonesia.

Pendidikan dan Latihan yang diadakan adalah :

Friday, January 25, 2019

KBM MENARIK DENGAN MS WORD

Booklet, Brosur, dan Poster, sering merupakan hal yang dianggap sulit oleh sebagian besar guru-guru. padahal 3 hal tersebut bisa digunakan untuk media pembelajaran yang membuat siswa merasa senang dan pembelajaran menjadi hidup.
Booklet dan Brosur, menjadi catatan bagi siswa yang menyenangkan dan tidak membuat belajar menjadi beban. Poster Ilmiah bisa menjadi media pembelajaran yang mengahadirkan suasana baru dan menyenangkan.

Friday, January 18, 2019

KOMIK ASYIK

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tiap anak bisa memahami sesuatu lebih mudah dengan cara melihat komik. Komik menjadi sebuah bacaan ringan yang penuh dengan isi dan tentunya disenangi oleh siswa.

Bagaimana jika inovasi komik ini disisipi materi pembelajaran atau sentuhan dalam pendidikan?

Bagaimana jika komik menjadi media dan materi pembelajaran guru dalam PBM di kelas?

Itu semua bukankah mimpi dan akan menjadi sebuah inovasi…..

Kita nggak perlu menjadi seorang komikus untuk membuat komik…..

Kita juga nggak perlu pandai menggambar untuk bisa membuat komik…..

Yang kita butuhkan cuman kemauan dan sentuhan untuk menciptakan sesuatu yang membanggakan…..

Pembelajaran Makin Asyik Dengan Inovasi Komik

Rangkaian diklat komik, memasuki tahap tatap muka langsung (IN) untuk membuat inovasi pembelajaran menggunakan media komik.

Komik dipilih sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dikarenakan banyak siswa yang lebih suka membaca komik daripada buku pelajaran. Maka diklat ini memberikan kesempatan pada guru untuk belajar memasukkan materi pembelajaran ke dalam inovasi komik.

Tahapan diklat kali ini dilaksanakan di Hotel Santika surabaya. Pada Minggu 13 Januari 2019, peserta bertemu langsung untuk mendapatkan materi dan berlatih membuat media komik dalam pembelajaran. Materi yang diberikan dalam pelatihan kali ini diantaranya :

  1. Pengenalan inovasi dan media pembelajaran
  2. Cara memunculkan inovasi sesuai kebutuhan pembelajaran
  3. Mengenal media komik untuk pembelajaran
  4. Mengenal Software pembuat komik kelebihan dan kekurangannya
  5. Tahapan dalam membuat komik pembelajaran
  6. Membuat komik menggunakan Ms. Word
  7. Mengedit menambahkan inovasi komik menggunakan Ms. Word
  8. Membuat komik instant dengan Comic Strip It
  9. Praktek mengimplementasikan komik dalam pembelajaran
  10. Publikasi media dan dokumentasi implementasi komik untuk pembelajaran ke sosmed

Alhamdulillah tahapan demi tahapan dapat dilaksanakan dan pada kesempatan kali ini peserta diklat sebanyak 70 peserta, dengan 1 Nara sumber dan 3 pendamping, peserta mampu membuat komik baik dengan Microsoft Word ataupun aplikasi Comic strip.

Untuk selanjutnya peserta diwajibkan untuk mengimplementasikan inovasi yang telah dilakukan dalam pelatihan ini ke dalam pembelajaran di kelas. Sehingga setiap peserta benar-benar memiliki kompetensi dalam ber inovasi serta langsung berkreasi dan mampu mengimplementasikan dalam pembelajaran sesungguhnya.

IGI berperan serta untuk mewujudkan itu semua melalui sentuhan-sentuhan inovasi. Dan diklat-diklat yg terus di selenggarakan untuk memajukan kompetensi guru serta meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Terus berinovasi untuk mencerdaskan anak negeri.

Sharing and growing together


Untuk melihat format Laporan klik Laporan
Untuk download undangan klik Undangan
Untuk melihat penerima sertifikat klik Sertifikat